Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia Terbaik (Materi Sekolah)

By | 12 Agustus 2022

Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia Lenkap Dengan Stuktur Dan Ciri Kebahasaan – Materi Sekolah

Loker123.com – Surat lamaran kerja bahasa Indonesia di dalam materi sekolah biasanya kita temui di kelas XII. Pasti banyak dari kalian yang mencari kebenaran surat lamaran kerja bahasa Indonesia melalui materi-materi di sekolah karena biasanya materi di sekolah mempunyai sumber terpercaya entah dari guru ataupun dari buku yang di edarkan di sekolah kalian masing masing.

Tapi untuk sekarang bagi kalian yang sudah lulus sekolah pasti masih banyak yang mencari panduan yang benar-benar akurat tentang surat lamaran kerja bahasa Indonessia. Bukan hanya yang sudah lulus, bahkan yang masih sekolahpun sering kali mencari buku yang membahas tentang surat lamaran kerja ini.

Jangan khawatir kami akan membahas tentang semua surat lamaran kerja bahasa Indonesia yang baik dan benar secara detail mulai dari struktur, ciri kebahasaan, hingga contohnya buat kalian yang sudah lulus maupun yang masih berada di bangku sekolah.

Konsep Surat Lamaran Kerja

Sebelum membahas lebih lanjut tentang surat lamaran kerja pastinya kalian harus mengerti fungsinya. Jadi surat lamaran kerja adalah sebuah surat formal yang ditujukan untuk perusahaan oleh pelamar demi untuk mendapatkan pekerjaan.

Dalam menulis surat lamaran kerja kalian jangan menggunakan bahasa seperti sedang menulis surat untuk pacar/gebetan. Kalian tidak boleh asal asalan dalam mengguakan bahasa karena surat ini bersifat formal/resmi jadi harus dengan bahasa yang formal, baku, sopan, dan mudah dipahami.

Supaya kalaian tidak bingung, kami akan menjabarkan unsur-unsur surat lamaran kerja tersebut :

1. Perkenalkan Diri Kalian

  • Nah ketika kalian ingin membuat surat lamaran kerja, yang pertama kalian harus memperkenalkan diri kalian. Masa tiba-tiba kalian langsung ke intinya kan tidak sopan sama sekali. Hal ini juga berlaku ketika kalian nge-chat kontak perusahaan yang ada di dalam info lowongan kerja tersebut, kalian harus menyebutkan identitas diri kalian.

2. Tujuan Posisi yang Dilamar

  • Nah untuk bagian ini masih banyak yang melupakan tentang pembuatan surat lamaran kerja. Kalian jangan sampai melupakan posisi kalian yang ingin di ajukan di perusahaan karena perusahaan mempunyai pekerja di bagian masing-masing. Jadi jangan sampai lupa mengisikan posisi apa yang akan kalian lamar di perusahaan tersebut.

3. Bahasa

  • Dalam penulisan bahasa kalian harus menggunakan bahasa Indonesia yang resmi/formal. Kalian tidak boleh menggunakan bahasa puitis atau bahasa yang kalian pakai ngobrol sehari-hari dengan teman, apalagi bahasa daerah kalian masing-masing. Kalian harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Struktur Surat Lamaran Kerja

struktur-surat-lamaran-kerja

Untuk strukturnya kalian bisa liat sendiri gambar diatas, walaupun dimasa sekarang banya perusahaan yang memggunakan pendaftaran secara online dengan cara kalian hanya mengisikan data diri kalian di kolom yang sudah di sediakan perusahaan ada juga yang mengirim berkas melalui email.

Tapi masih banyak juga perusahaan yang membutuhkan berkas fisik surat lamaran kerja. Jadi kalian sangat perlu mempelajari struktur surat lamaran kerja yang berupa fisik.

Unsur-Unsur Surat Lamaran Kerja Fisik

Berikut ini 7 hal yang harus ada didalam surat lamaran kerja berbentuk fisik:

1. Titi mangsa

Titimangsa yaitu tempat dan tanggal pembuatan surat. Tulis dimana kalian membuat surat lamaran tersebut dan kapan kalian menulisnya. Tulis di pojok kanan paling atas kertas.

2. Hal

Isi bagian ”Hal” dengan tulisan “Surat Lamaram Kerja” atau misalnya kalian ingin melamar untuk posisi Tutor Bahasa Inggris kalian tinggal menuliskan (Hal : Lamaran Kerja Tutor Bahasa Inggris)

3. Lampiran

Lampiran yaitu berkas berkas yang ingin kalian lampirkan di dalam surat lamaran kerja sepert Fotokopi KTP, Ijazah dll. Isi lampiran dengan berapa jumlah yang ingin kalian lampirkan.

4. Alamat yang dituju

Aalamt yang dituju jangan sampai salah karena kalau kalian salah hal ini kan fatal untuk pertimbanganya. gunakan bahasa yang baku untuk menuliskan nama  yang dituju, dalam hal ini masih banyak yang salah tentang menuliskanya, kami akan memberikan contoh yang benar.

  • Contoh : Yth. Manager HRD Ala Basta. Nah dibawahnya tinggal kalian isikan alamatnya, gampang kan.

5. Salam Pembuka

Selanjutnya adalah bagian yang gampang tapi sering salah, kalian bisa menuliskan salam pembuka dengan menulis “Dengan hormat,” gunakan tanda koma di akhir kata jangan menggunakan tanda titik, karena hal ini yang sering salah.

6. Isi Surat Lmaran Kerja

Ada 3 bagian didalam isi surat lamaran kerja fisik yaitu:

  • Dasar pelamar
    • Jelaskan kalian ingin kerja seperti apa dan jelaskan kalian dapat info lowongan keja tersebut darimana.
  • Identitas dan daftar lampiran
    • Isi biodata singkat diri kalian dan sertakan email atau nomer telepon kalian yang aktif agar perusahaan tidak bingung ketika harus memanggil kalian datang untuk interview
  • Penutup
    • Tutup isi surat dengan menuliskan terimakasih kepada orang yang kalian kirim surat.

7. Salam Penutup

Salam penutup juga masih banyak yang salah, kalian bisa menggunakan kalimat “Hormat saya,” sebagai salam penutup. Dan pastikan di akhiri dengan tanda koma bukan titik.

8. Tanda Tangan Penulis dan Nama Lengkap

Untuk ini kalian pasti udah bisa tanpa di terangkan, pastinya tulis tanda tangan kalian dan nama lengkap kalian jangan sampai nama disingkat.

Kebahasaan Surat Lamaran Kerja

Ada beberapa kebahasaan surat lamaran kerja, antara lain:

1. Menggunakan bahasa yang baku

Tadi kita sudah membahas masalah bahasa ini, ingat gunakan bahasa yang sesuai EYD jangan menggunakan bahasa obrolan sehari-hari dengan teman kalian.

2. Tidak menggunakan bahasa Daerah

Dalam bahasa daerah yang kalian sering gunkan sehari-hari itu, biasanya ketika menulis surat lamaran kerja kalian sering terbawa ke bahasa daerah kalian tersebut, ingat koreksi ketika sedang menulis dan harus menggunakan bahasa Indonesia yang resmi.

3. Tidak berlebihan

Maksudnya jangan pernah menggunakan kata yang melebih-lebihkan contohnya  seperti “Universitas Indonesia yang terbaik di Indonesia”. Tidak perlu di jelaskan kampus kalian adalah yang terbaik.

4. Tidak mencantumkan prestasi

Yang dimaksud tidak mencantumkan prestasi adalah bukan berati di dalam semua pemberkasan kalian tidak mencantumkan prestasi kalian, tapi untuk prestasi kalian mencantumkanya di dalam tempatnya yaitu curriculum vitae bukan di surat lamaran kerja.

5. Tidak memaksa

Yang dimaksud jangan memaksa yaitu jangan memaksa dalam hal bahasa seperti memaksa segera di panggil dan segera dihubungi, karna disitu terkesan tidak sopan.

6. Jelas mengucapkan penerima surat

Dalam bagian penutup surat biasanya ada kata “Atas perhatianya saya ucapkan trimakasih” Nah disitu harus lebih jelas, Atas perhatianya siapa? yang benar kami contohkan ” Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terimakasih”. dan kalau kalian sudah tau nama Bapak/Ibu penerima surat kalian bisa isikan lengkap dengan namanya.

Ringkasan bahasanya agar kalian tidak bingung seperti:

  • Simpel (tidak bertele-tele)
  • Jelas menyebutkan informsi (dapat info lowongan kerja dari mana, posisi apa yang akan dilamar, lulusan mana, dan sebagainya)
  • Sopan (bahasa yang tidak ada unsur memaksa)
  • Memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar (tentunya tidak menggunakan bahasa obrolan sehari-hari dan tidak menggunakan bahasa Daerah)

Penulisan Surat Lamaran Kerja

Setelah kami telah menerangkan tentang kebahasaan surat lamaran kerja, selanjutnya adalah tentang penulisan surat lamaran kerja dan contohnya agar kalian bisa membuatnya sendiri.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, kalian harus mengetahui langkah-langkah seprti:

  • Posisi dan tempat kerja yang dituju pelamar (langkah pertama)
  • Identitas singkat pelamar (langkah kedua)
  • Struktur surat lamaran kerja (langkah ketiga)

Posisi dan tempat kerja yang dituju pelamar (langkah pertama)

Contohnya: Dimas Anjay Mabar ingin melamar di PT Zona ML

Identitas singkat pelamar (langkah kedua)

Contohnya :

  • nama: Dimas Anjay Mabar
  • tempat, tanggal lahir: Wonosobo, 20 Agustus 1945
  • agama: Kristen
  • pendidikan terakhir: S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
  • alamat: Jalan Selomanik No.20 Kaliwiro Wonosobo
  • nomor ponsel: 081000000000

Struktur surat lamaran kerja (langkah kedua)

Langkah yang terakhir kami akan memasukan data-data sesui 8 struktur yang telah kita bahas diatas dan memberi contoh untuk kalian, kalian bisa menggantinya dengan data diri kalian dan perusahaanya masing-masing.

1. Titimangsa

Wonosobo, 20 Agustus 2022. Jangan lupa kasih tanda baca (,) untuk memisahkan letak geografis (Wonosobo) dan waktu (20 Agustus 2022).

2. Hal dan Lampiran

Hal: Lamaran Kerja Tutor bahasa Inggris

3. Alamat yang dituju

Yth. HRD PT Zona Ml

Jalan Selomanik No.20 Kaliwiro

Wonoso Barat

4. Salam Pembuka

Dengan hormat,

5. Isi Surat

Dalam isi surat terdapat 3 bagian seperti di struktur surat lamaran kerja yang telah kami bahas diatas, kalian tinggal memasukanya saja.

  • Dasar pelamar

Berdasarkan iklan lowongan kerja di loker123.com tentang lowongan pekerjaan sebagai tutor bahasa Inggris, saya yang bertanda tangan di bawah ini,

  • Identitas dan daftar lampiran

nama: Dimas Anjay Mabar
tempat, tanggal lahir: Wonosobo, 20 Agustus 1945
agama: Kristen
pendidikan terakhir: S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris
alamat: Jalan Selomanik No.20 Kaliwiro Wonosobo
nomor ponsel: 081000000000

Mengajukan lamaran sebagai tutor bahasa Indonesia di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan sebagai berikut,

1. satu lembar daftar riwayat hidup

2. satu lembar fotokopi ijazah terakhir

3. satu lembar fotokopi transkrip nilai

4. Satu lembar pas foto ukuran 4×6 cm

5. satu lembar fotokopi KTP

Kenapa huruf awal nama, tempat, agama, pendidikan, alamat, dan nomor ponsel di atas tidak kapital, tapi kecil?

Karena di atasnya ada tanda baca (,) jadi selanjutnya ya pakai huruf kecil, kecuali jika itu nama orang, tempat, bulan, dan alamat. Selain itu, setiap dokumen dipisahkan dengan titik koma (;) untuk memisahkan

  • Penutup

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

6. Salam penutup

Hormat saya,

7. Tanda tangan dan nama lengkap

Dimas Anjay Mabar (dengan tanda tangan di atasnya) Posisi tanda tangan dan nama lengkap berada di bawah salam penutup.

Demikian penjelasan surat lamaran kerja bahasa Indonesia lenkap, semoga dapat menjadikan contoh untuk kalian yang sudah lulus kerja untuk melamar ke perusahaan yang kalian inginkan atau yang masih sekolah ketika mencari jawaban tentang surat lamaran kerja bahasa Indonesia. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *